news 1

Forum Orangutan Indonesia melaksanakan Workshop Mitigasi Konflik Orangutan-Manusia melalui SOP Rescue pada 29-30 Oktober 2012 di Hotel Permata Bogor, Jawa Barat yang didukung oleh GRASP-UNESCO. Kegiatan ini dihadiri oleh 33 peserta dari 20 lembaga yang terdiri dari LSM, Pemerintah, Swasta, Pemerhati, Ahli dan Akademisi.

Kegiatan ini merupakan salah satu program dan aksi yang perlu dilakukan sebagaimana ditulis dalam Strategi Konservasi Orangutan Indonesia dan Rencana Aksi (P.53/Menhut-IV/2007) tentang perlindungan habitat dalam dan di luar kawasan konservasi adalah penyusunan SOP penanganan dan perlindungan orangutan dan habitatnya, termasuk kegiatan first-aid/rescue.

Hasil kegitan ini salah satunya adalah menyepakati bahwa rescue dan translokasi harus menjadi pilihan terakhir dalam mitigasi konflik manusia-orangutan, karena sangat beresiko untuk kehidupan orangutan. Untuk hal ini konflik harus dihindari dan dicegah melalui penegakan hukum dan praktek pengelolaan lahan yang bertanggung jawab dengan memperhatikan unsur ekologi dan perilaku orangutan. Hasil nyata dari kegiatan ini adalah Draft SOP Rescue yang saat ini masih dalam proses legaslisasi dari DitJen PHKA Kementrian Kehutanan.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.