IMG_6380

Forum Orangutan Indonesia melaksanakan Workshop Evaluasi Upaya Pelepasliaran dan Translokasi Orangutan pada 14-16 April 2013 di Hotel Santika Bogor, Jawa Barat yang didukung oleh ARCUS Foundation. Kegiatan ini dihadiri oleh 43 peserta dari 26 lembaga internasional maupun nasional yang terdiri dari LSM, Pemerintah, Swasta, Pemerhati, Ahli dan Akademsi.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin komitmen dari semua program reintroduksi yang aktif saat ini aktif untuk memberikan kontribusi informasi yang relevan dalam bentuk perjanjian sharing data, menentukan variabel reintroduksi, mendiskusikan masalah utama dan solusinya, serta mengantisipasi potensi masalah. Dari kegitan ini diperoleh hasil dengan empat point utama, yaitu : Sebuah perjanjian untuk berbagi data telah ditandatangani oleh sebagian besar pihak yang terlibat, secara kolektif membuat daftar variabel ideal yang disepakati untuk mengevaluasi upaya reintroduksi, berbagai masalah dibahas dan solusi yang diusulkan seperti penggunaan perangkat radio untuk memantau keberhasilan reintroduksi, permasalahan kemandirian individu yang dilepaskan dan lain sebagainya.

Demikian juga, masalah yang paling mendesak untuk masa depan diidentifikasi dan dibahas seperti keterbatasan daerah reintroduksi, beberapa individu yang dilepasliarkan menyerang kebun masyarakat dan lain sebagainya.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.