ORM KALTENG PEMBUKAAN 2

Dalam rangka memperkuat upaya konservasi orangutan di Indonesia dan menempatkannya sebagai bagian dari proses pembangunan yang berkelanjutan, pada bulan Desember 2007 Pemerintah Indonesia telah meluncurkan Peraturan Menteri Kehutanan No. P.53/Menhut-IV/2007 dimana peraturan ini mengatur Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017.

Sesuai dengan mandat dari peraturan tersebut, telah dilaksanakan Pertemuan Konservasi Orangutan Regional Provinsi Kalimantan Tengah di Hotel Luwansa. Pertemuan yang telah dilaksanakan pada tanggal 16-17 September 2011. Pertemuan tersebut dihadiri oleh pihak-pihak yang berkepentingan terhadap upaya pelestarian orangutan dan menghasilkan suatu rumusan yang telah disepakati oleh semua pihak.

Dalam rumusan tersebut, didapatkan kesepakatan pembagian peran masing-masing pihak terkait, yaitu Pemerintah, NGO, Swasta dan Pemerhati. Setelah berselang 2 (dua) tahun, banyak aktivitas konservasi Orangutan yang telah dilakukan oleh para pihak terkait, baik Pemerintah Pusat dan Daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat, Swasta, dan masyarakat pada umumnya.

Untuk menguatkan sinergitas dalam pelaksanaan aktivitas konservasi orangutan dan untuk terjaminnya peningkatan populasi spesies prioritas utama yang terancam punah orangutan (Pongo pygmaeus) sebesar 3% dari kondisi tahun 2008 sesuai dengan ketersediaan habitat sesuai dengan dengan SK. Dirjen PHKA No. 173/IV-Set/2013, perlu dilakukan pertemuan lanjutan konservasi orangutan di Provinsi Kalimantan Tengah Pertemuan ini adalah media klarifikasi/ penambahan informasi/ bantahan/ dsbnya terhadap informasi menyangkut update pelaksanaan Renstra dan Aksi Orangutan yang telah dikumpulkan/ dianalisa oleh fasilitator Forina.

Kegiatan pertemuan regional ini bertujuan:

  • Menyampaikan update data dan informasi kondisi terkini (per-September 2011 s/d Agustus 2013) tentang kegiatan konservasi orangutan dan habitatnya, serta berbagai permasalahan yang dihadapi dalam melakukan upaya konservasi orangutan kalimantan di bentang alam Kalimantan Tengah
  • Konsolidasi para pihak yang berkepentingan dalam upaya konservasi Orangutan di wilayah bentang alam Kalimantan Tengah, khususnya dalam hal penegakan hukum dan upaya-upaya penyelamatan Orangutan (rehabilitasi dan reintroduksi).
  • Melakukan evaluasi capaian terhadap usulan dan hasil-hasil kesepakatan terdahulu tentang konservasi orangutan kalimantan dan habitatnya di wilayah bentang alam Kalimantan
  • Merumuskan kembali rencana bersama program konservasi orangutan kalimantan di wilayah bentang alam Kalimantan Tengah untuk tahun 2013 – 2015
  • Memilih dan mengukuhkan kembali kepengurusan Forum Konservasi Orangutan Kalimantan Tengah untuk periode lanjutan sampai dengan tahun 2015.

Beberapa hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:

  • Adanya update data dan informasi kondisi terkini (per-September 2011 s/d Agustus 2013) tentang kegiatan konservasi orangutan dan habitatnya, serta berbagai permasalahan yang dihadapi dalam melakukan upaya konservasi orangutan Kalimantan di wilayah bentang alam Kalimantan Tengah
  • Terkonsolidasinya para pihak yang berkepentingan dalam upaya konservasi orangutan di wilayah bentang alam Kalimantan Tengah, khususnya dalam hal penegakan hukum dan upaya-upaya penyelamatan orangutan.
  • Adanya proses dan hasil evaluasi capaian terhadap usulan dan hasil-hasil kesepakatan terdahulu tentang konservasi orangutan kalimantan dan habitatnya di wilayah bentang alam Kalimantan Tengah.
  • Adanya rumusan rencana bersama program konservasi orangutan kalimantan di wilayah bentang alam Kalimantan Tengah untuk tahun 2013 – 2015
  • Terpilih dan terkukuhnya kembali susunan kepengurusan Forum Orangutan Kalimantan Tengah untuk periode lanjutan sampai dengan Desember 2015, yang fungsional dan operasional sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang pernah disepakati terdahulu.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh pihak BKSDA Kalimantan Tengah bersama Forum Orangutan Indonesia (FORINA) bersama beberapa pihak yang terkait, khususnya Yayasan BOS, bertempat di Hotel Luwansa, Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada tanggal 2-3 Oktober 2013

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.