Di dunia ini, Indonesia termasuk pada jajaran negara-negara yang memiliki kekayaan keaneka-ragaman hayati yang sangat tinggi, baik jenis flora maupun faunanya. Sebagian kekayaan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia berada di pulau Sumatera dan Kalimantan, diantaranya dalam bentuk kekayaan jenis fauna.

Kita tidak dapat mengingkari bahwa kekayaan keanekaragaman hayati, khususnya satwa, menghadapi ancaman yang seiring dengan perjalanan waktu, semakin berat, yang pada muaranya akan membawa jenis-jenis satwa pada kepunahan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menghentikan atau paling tidak mengurangi ancaman tersebut baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat.

Banyak kendala yang dihadapi dalam melaksanakan upaya ini, diantaranya adalah kekurangsadartahuan masyarakat mengenai pentingnya upaya pelestarian keanekaragaman hayati, termasuk satwa; yang disebabkan karena masyarakat kurang atau tidak mengenal kekayaan keanekaragaman hayati kita serta kurang mendapatkan informasi tentang hal itu. Kendala lain yaitu kekurangtahuan atau kekurangmampuan aparat penegak hukum dalam menemukenali berbagai jenis tumbuhan dan satwa liar dilindungi, yang diburu, diperdagangkan, dipelihara dan atau dimanfaatkan secara illegal untuk berbagai keperluan. Selengkapnya bisa didownload disini.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.