Panduan - Pengamanan HutanSalah satu kegiatan didalam upaya konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dimana masyarakat dapat aktif berperan serta adalah kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan yang berupa usaha untuk mencegah dan membatasi kerusakan hutan, kawasan hutan dan hasil hutan, yang disebabkan oleh perbuatan manusia, ternak, kebakaran, hama dan penyakit, serta mempertahankan dan menjaga hak-hak negara, masyarakat dan perorangan atas hutan, kawasan hutan, hasil hutan, investasi serta perangkat yang berhubungan dengan pengelolaan hutan.

Untuk bisa aktif berperan serta dalam kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan tentunya masyarakat, terutama masyarakat atau komunitas yang tinggal di dalam atau disekitar hutan, harus mengetahui seluk beluk tentang kegiatan ini dan apa manfaatnya, baik  bagi sumber daya hutan itu sendiri maupun bagi masyarakat yang menikmati manfaat dari keberadaan sumber daya hutan.

Buku Panduan Pengamanan Hutan Berbasis Komunitas ini disusun sebagai upaya untuk memberikan informasi dan panduan yang berkaitan dengan upaya perlindungan dan pengamanan  hutan.  Dengan adanya buku panduan ini maka diharapkan masyarakat, khususnya masyarakat yang ingin berperan serta dalam kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan akan lebih mengetahui dan semakin menyadari pentingnya upaya untuk melindungi dan mengamankan hutan yang merupakan bagian dari keanekaragaman hayati kita.

Panduan ini berisi antara lain tentang:

  1. Pengertian (perlindungan dan pengamanan hutan berbasis komunitas, perlindungan hukum, lingkup kegiatan dan koordinasinya),
  2. Pembentukan pengamanan (prinsip, tahapan dan sumber dana),
  3. Teknik pelaksanaan patroli,
  4. Jenis-jenis pelanggaran dan kejahatan kehutanan.

Download panduan lengkap disini

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.