Sebuah pagelaran penyadartahuan konservasi alam dan lingkungan hidup yang dikemas aktualitatif di salah satu kawasan inti dari Jantung Pulau Kalimantan (Borneo) dilaksanakan pertama kali di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu pada 27-29 Oktober 2016. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyadartahuan konservasi alam dan pendidikan lingkungan hidup dan mengaktualisasikan pemahaman dan persepsi pelajar tentang hal tersebut.

Kegiatan ini dikemas dengan semi loka yang berisi penyampaian materi tentang keanekaragaman hayati dan ekologi orangutan, Kapuas Hulu Menginspirasi (untuk profesi tentara, kehutanan, kesehatan dan pelaku budaya) dan Training of Trainer Pendidikan Lingkungan Hidup bagi para guru SD se-Kapuas Hulu.

Selain semi loka, terdapat juga perlombaan-perlombaan yang diikuti oleh pelajar di Kecamatan Batang Lupar, Embaloh Hulu dan Badau, seperti lomba mewarnai, melukis, debat, tari, cerdas cermat, hasta karya dan karya tulis. Acara ini juga dimeriahkan oleh hiburan berupa tari budaya, pertujukan sape’ dan kelompok vokal.

Acara yang mewarnai  Hari Sumpah Pemuda ini dihadiri oleh para pihak, dari tingkat Kabupaten, muspika kecamatan, polsek, koramil hingga masyarakat setempat. Pada pembukaan kegaitan, Camat Batang Lupar, Bapak Gunawan S.Sos menekankan pentingnya pendidikan lingkungan hidup  bagi para pemuda dan upaya kerjasama memajukan pendidikan. Perwakilan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, Bapak Kusnadi mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dan diharapkan dapat memacu kreatifitas dan prestasi pemuda, sehingga terhindar dari hal-hal negatif.

Sampai dengan penutupan kegiatan, antusiasme peserta terlihat sangat besar, walaupun diguyur hujan, kegiatan yang dimotori oleh Disdikpora Kapuas Hulu, FORINA, FOKKAB dan Putussibau Art Community ini berjalan sukses dan mendapatkan apresisasi positif dari banyak pihak. Selain itu suksesnya pelaksanaan kegiatan ini tidak lepas dari dukungan para pihak seperti Kecamatan Batang Lupar, TFCA Kalimantan, BB TNBKDS, WWF Indonesia, KPH Model Kapuas Hulu, ASPPUK, GIZ Forclime, YAPEKA, SMPN 1 Batang Lupar, Yonif 213 Badau dan Polsek Batang Lupar, serta partisipasi aktif dari Sekolah Dasar se Kecamatan Batang Lupar, SMP dan SMA se Kecamatan Batang Lupar, Embaloh Hulu dan Badau.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.